Moving to http://53corner.blogspot.com/

ngo-prek nge-lencer nge-blog dari pengalaman pribadi

Rabu, 21 Oktober 2009

Ngoprek....

9 Komentar:

Blogger Unknown mengatakan...

Mas Ian, saya boleh tanya nih, baru beli VT thn 1995, pertanyaannya kalau lagi macet dan cuaca diluar lagi panas, temperatur jadi panas, apakah karburator diganti jadi 2 ply or ada yang lain untuk mengatasi mesin panas tsb.
Tolong bantuannya ya Mas.
Thanks
Ind@hsaras

23 Maret 2010 pukul 01.05  
Blogger Ian mengatakan...

Kita coba dulu runut penyebab overheat ini dari yang mudah kita lakukan
Apakah AC dalam keadaan On atau off? Kalo AC On kondisi macet, udara luar panas terjadi overheat, coba matikan AC apakah temperatur kembali normal? klo kembali normal ada kemungkinan Extrafan AC lemah atau malah tidak berputar sama sekali. coba ke bengkel AC mobil kepercayaan klo memang kesulitan melakukan pengecekan (harga extrafan AC sekitar 200-an ribu).
Kalo temperature tidak kembali normal yang pernah saya lakukan adalah :
1. Service radiator (bukan karburator) detail bisa lihat di http://mazdavantrend.blogspot.com/2009/12/service-radiator-mazda-vantrend.html.
2. Ganti puli waterpunmp dengan ukuran yang lebih kecil biaya sekitar 150 ribuan (part+jasa psang).
Dengan 2 langkah diatas VT saya waktu itu tidak bermasalah lagi dengan overheat. Namun memang kondisi dan hasil di tiap kendaraan bisa saja berbeda. Maka kalo memang masih terjadi overheat penggantian radiator dengan 2 ply bisa menjadi salah satu solusi perkiraan biaya sekitar 500 ribuan.
Salam mbengkel....

23 Maret 2010 pukul 21.54  
Anonymous Anonim mengatakan...

Mas Ian, numpang tanya dong..
VT saya tahun 94 bensinnya kok boros banget ya..untuk dalam kota tanpa pake AC bisa 1 : 7 -an..bersih2 karbu udah dilaksanakan tapi masih juga boros..apa ada trik khususnya ya mas?

Thanks,
Asatta

11 Mei 2010 pukul 07.59  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal Om Assata,maaf comment-nya baru terbaca sekarang, saya coba jawab ya Om beberapa kemungkinan penyebab bensin boros yang saya ketahui.
1.Gaya mengemudi yang agresif.
2.Coba periksa setting karburator dan karburator kit-nya (spuyer dkk) apakah setingan dan kondisinya standart atau tidak,karbu bersih tidak menjamin irit kalo lubang spuyernya ngak standart lagi.
3.Periksa bagian ujung belakang knalpot, berjelaga kering atau berjelaga basah? kalo kering hubungannya dengan sistem pengapian dan karburasi yang kurang sesuai, sedang berjelaga basah biasanya berhubungan dengan kondisi mesin yang kurang normal/tidak standart (pernah dimodifikasi / beberapa part bekerja tidak normal sehingga putaran mesin berat), untuk itu perhatikan apakah oli mesin berkurang atau tidak biasanya gejala ini dikuti dengan keluarnya asap putih dari knalpot saat mobil berjalan.
4.Sistim pendingin yang tidak bekerja normal (radiator, waterpump), gejalanya bisa dilihat dari indikator temperatur di dasboard (kondisi normal jarum menunjuk 1/2 kurang sedikit).
Nah untuk point 1 om bisa nilai sendiri gaya mengemudi Om, sedang untuk point ke 2,3 dan 4 saya kurang memahami detail-nya karena saya juga masih belajar, dan sebagai gambaran saja dulu Vantrend saya dengan kondisi standart dan normal serta gaya mengemudi normal untuk dalam kota +- 1:10 (pake AC), sedang untuk luar kota +- 1:12-13 (pake AC), demikian Om yang dpt saya sampaikan dan maaf kalau belum cukup membantu.
Tks

11 Mei 2010 pukul 21.07  
Blogger Yahya mengatakan...

Mas Ian, salam kenal
saya boleh nanya nih, vantrend ane th 95 olinya kok berkurang ya??
asapnya sih kelihatan agak putih cuman ga begitu jelas, alias masih sedikit.
kira2 apanya ya..?

trims
Yahya
www.tasgue.com

15 Juni 2011 pukul 18.47  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal Mas yahya, maaf baru bisa jawab, saya belum pernah alami hal ini, tapi dari yang saya pernah baca asap putih tersebut adalah oli mesin yang terbakar, akibat ring seher piston dan dinding-nya sdh "termakan" sehingga oli masuk ke ruang bakar. Terima kasih.

15 Agustus 2011 pukul 22.39  
Blogger didi 98 mengatakan...

Ganti puli waterpunmp dengan ukuran yang lebih kecil pakai punya mobil apa ya? soalnya saya tanya ke bengkel harus di bubut mohon pencerahan

19 Januari 2012 pukul 22.00  
Blogger Ian mengatakan...

Gak usah dibubut Om, klo gak salah dulu saya pake punya suzuki forsa, dan ada penyesuaian sedikit di lubang baut puli.

26 Januari 2012 pukul 19.58  
Blogger triana 'cevers' sugrina mengatakan...

mas klo indikator bensin sering ngaco kenapa ya ?

11 Agustus 2013 pukul 22.11  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda