all about mazda vantrend & friends

ngo-prek nge-lencer nge-blog dari pengalaman pribadi

Sabtu, 17 Januari 2009

Bongkar dek vantrend

3 tahun sudah VT ini menemani kami sekeluarga, alhamdulillah banyak senangnya drpada dukanya, awal yg meragukan akhir yg menyenangkan.......beberapa waktu lalu baca thread di millist mazda-indonesia.com masalah dek yang berkarat. Saya pikir gak ada ruginya ngecek dek-nya ni VT, berhubung usianya sudah cukup uzur dan bukan tangan pertama.... Berbekal nekat dan pengorbanan waktu, tenaga dan isi kantong tentunya...
Alat yg dibutuhin :
- Bor dan mata bor sikat kawat
- Vacum cleaner
- Ember dan kanebo
- Tool kit
Bahan :
- Plat 1 mm keatas (yang kaku)
- Plingkud 1 kaleng (28 rbu)
- 1 lembar Karpet busa (biasanya digunakan untuk penahan panas pada mesin) harga 55 rbu Waktu :
kurang lebih 1 bulan...(he..he..maklum ngerjainnya pas libur aja sekalian ngecek ada kebocoran lain gak setelah di las, kebetulan juga pas musim hujan) Dan berikut hasil liputannya..
1. Copot jok (kecuali sandaran jok baris kedua....susah soalnya....he...he..he..)

2. Copot karpet (wehhh...debunya.....minta ampun....)..klo mo repot ya cuci ato sedot debu karpet sendiri...tpi saya lebih memilih di laundry....lumayan ngirit tenaga cuma 27 ribu (lebih bersih dan wangi...)
3. Copot gasswool...naa....baru ketahuan nie banyak karat....waaalllahhh......

4. Bikin janji sama tukang las buat nganti dek...sebelum menyebar ke lain bagian. Ongkos dan bahan habis 200 rbu..kebetulan yg di ganti platnya cuma yg karatnya parah...sedang bagian lainnya masih sangat layak digunakan.
5. Bersihkan karat yang tersisa dengan bor bermata sikat kawat sampai bersih (mengkilap) Sebelum dibersihkan
Sesudah dibersihkan
6. Setelah kita yakin gak ada karat lagi, lalu oleskan plingkud dengan kuas pada bagian yang telah kita bersihkan tadi, lakukan berulang hingga tebal.
7. Ukur busa pelapis sesuai ukuran lalu rekatkan (busa ini sudah dilengkapi perekat pada salah satu sisinya)

8. Pasang kembali karpet dan Jok

Kesimpulan :
- Cuci steam (lifted/diangkat) secara berkala minimal seminggu sekali mengingat VT ini sudah cukup uzur.
- Jangan tertipu dengan tampilan bawah dek yang mulus, karena ternyata karat menyerang dari bagian atas dek (ini yang terjadi pada VT saya).
- Setelah pengelasan jangan langsung pasang karpet etc, namun coba cuci steam bagian bawah dek, pastikan tidak ada kebooran/rembesan air.
- Gaswool (pekiraan saya) adalah bahan daya serapnya tinggi dan tidak cepat kering sehingga dek menjadi lembab dan menyebabkan karat.
- Ganti gaswool dengan bahan yang tidak mudah menyerap air namun cukup tebal, cepat kering bila kena air. Yang bagus memang karpet yg kalau dipasang harus dipanaskan dahulu (saya ndak tau namanya) harganya sekitar 55 ribu ukuran 60x60 cm.
- Jaga kebersihan karpet, segera keringkan bila basah/lembab.
- Sekali-sekali VT perlu dijemur di panas matahari terik dengan posisi semua pintu terbuka, untuk mengurangi kelembaban karpet.
Selamat mencoba

42 Komentar:

Blogger againts mengatakan...

wahhh artikel yang menarik. sapa tau bisa diterapkan di VT sy
kalo ada FB...add sy di sofyankurnianto@yahoo.com ya om :D


Sofyan
iMAC 0251

24 Februari 2009 20.28  
Blogger Ian mengatakan...

Terima kasih Om Sofyan udh kunjungin blog saya. Iya om gak ada salahnya di cek bagian deknya, mengingat VT kita sudah cukup berumur. Maaf saya ndak ada FB Om, klo YM ada. klo sya add di YM gpp Om?

Ian
iMAC 0183

25 Februari 2009 01.31  
Blogger againts mengatakan...

silahkan add YM sy om. dengan senang hati. pasti akan banyak yang sy tanyain.

26 Februari 2009 22.55  
Blogger bagus mengatakan...

saya bagus dari bandung. mau nanya tentang roof rack vantrend bisa dibeli dimana ya?

9 Maret 2009 03.28  
Blogger Ian mengatakan...

Dear Om Bagus, saya pernah tanya ke toko sparepart mazda, si engkoh nya bilang bahwa untuk acessories vantrend yg sudah tidak diproduksi lagi diantaranya adalah roofrack, mudguard, mika lampu depan dan mika nomor polisi bagian belakang. jadi sepertinya barang2x diatas kemungkinan sangat sulit didapat dan kalau adapun harganya ngak reasonable. Saran saya sih pake aja produk aftermarket yg cocok untuk semua mobil ato pasang aja iklan di mazda-indonesia.com, kali aja ada vt'ers yg mau ngejual roofrack-nya

10 Maret 2009 01.40  
Blogger 3 Kurciss mengatakan...

nanya lagi nih...hehehehe.
gini mas, joint kopel yg cocok buat VT 93 apaan ya mas, perkiraan harganya berapa? soalnya kata misua, stirnya rada getar gitu kalau jalan pelan, terus berat banget bawaan setirnya.

28 Maret 2009 00.58  
Blogger Ian mengatakan...

Mimi ari, sepengetahuan saya klo joint kopel itu klo sudah rusak/oblag gejala yg timbul bunyi dan getar dikecepatan tertentu pada bagian gardan (poros penghubung transmisi mesin ke roda belakang)bentuknya pipa besi di bagian bawah dek.
Sedang kalo setir getar banyak kemungkinannya yaitu bagian kaki2x depan, seperti ball joint, tierod dll, coba cek dulu ke bengkel khusus kaki2x kepercayaan,klo maslah stir berat,VT-nya tahun berapa mi, VT th 93-95 akhir (november klo gak salah) blom pke power stering msh power sepiring...he...he...he....klo tahun diatas itu dah pake.
demikian mi,maaaf mungkin blom cukup membantu.
Terima kasih

30 Maret 2009 08.21  
Blogger Ian mengatakan...

Nambahin dikit...coba cek tekanan angin ban, klo kurang memang terasa berat...ato VT'ers lain punya pengalaman?

30 Maret 2009 19.35  
Blogger 3 Kurciss mengatakan...

makasi infonya, kalo kita bikin jadi power sepiring ( hehehehe...) bisa ga ya mas...?
mang joint kopel dg balljoint laen ya mas, soalnya takut aja diboongin ma montir nih, nanti suruh ganti ini itu pdhl belum perlu.

30 Maret 2009 23.42  
Blogger Ian mengatakan...

Bisa mi...klo gak salah pake punya toyota...tpi type persisnya saya gak tau mi,kisaran harga klo di jakarta sekitar 2-3 jutaan untuk power stering oli (bawaan asli VT pke electric pernah ada yg nawarin sekitar 6 jutaan :-( ).
untuk joint kopel dan balljoint beda fungsi dan letak. Mungkin yg dimaksud disini balljoint kali mi.

31 Maret 2009 00.18  
Blogger Agung mengatakan...

om ian...

blog nya bagus banget.
Sangat menginspirasi bagaimana anda merawat VT dengan luar biasa.

Mau tanya om,
Setelah bongkar dek itu.. apakah di kabin makin senyap?

Kapan nih kita bisa kumpul2 lagi.

Salam,

Agung sutopo
admin.mazda@gmail.com
www.mazda-indonesia.com

2 April 2009 03.44  
Blogger Ian mengatakan...

Makasih Om Agung, lgi belajar ngoprek dan nulis nih Om.
Betul Om, suara lebih senyap terutama yg berasal dari bagian bawah/dek.
Kalo kumpul2x pengen banget Om tpi kadang waktunya suka bentrok (seperti Ultah Imac kemarin saya gak bisa dateng), jadi klo waktunya pas Insya Alloh saya pengen hadir Om

2 April 2009 21.05  
Blogger sonny mengatakan...

wah bagus blognya.. mau tanya nih,boleh gak? kalo iMAC seketariatnya dimana yah? oh iya saya punya mazda vt thn 94 warna silver b 1658 xy. dulu thn 2000an ada club mazda vantrend di jkt, tpt kumpulnya di pintu 1 senayan setiap hari sabtu malam. berhubung waktunya gak ada jd saya gak pernah kumpul akhirnya saya kehilangan kontak dgn anggotanya. benar kata mas ian kalo memiliki vt banyak sukanya daripada dukanya, selama memiliki vt dari thn 2000 yg terparah saya betulkan adalah mengganti kopel dgn yg baru selain dari itu tdk ada yg berarti.kayaknya skrg asik jg kalo bisa bergabung dgn club mazda vt. saya rasa cukup sekian,terima kasih.

16 Juli 2009 09.00  
Blogger Ian mengatakan...

Makasih Om Soni, kalo Sekretariat i-Mac, Jl. Cikajang No 60, Kebayoran Baru Jakarta 12170. Nomor Telepon : +62-21-70725434 ato bisa hubungi Om Jun di 0818413600 atau bisa kunjungi mazda-indonesia.com untuk detailnya.
Klo untuk club VT saya juga pernah dengar, tpi ndak tau kelanjutannya. Selamat "menikmati" VT-nya Om Soni....jadi pengen punya VT lagi nie....tpi tabungannya udah bobol..he...he..he...

17 Juli 2009 00.16  
Blogger Grafika mengatakan...

salam kenal om, tanya bengkel vt di daerah depok ada nggak ya, saya liat anda juga dagang di pemda bogor, kebetulan saya juga dagang di situ.
saya punya vt 96 baru beli tapi udah tangan ke2, tolong sarannya dong untuk perawatan vt, maklum masih baru ni! trim om

23 Juli 2009 03.58  
Blogger Ian mengatakan...

Wah sesama pedagang nih Om Grafika he..he..he.., dagangnya disebelah mana Om, saya dah lama gak dagang nih....untuk bengkel khusus VT sih saya kurang tau ya Om, tpi klo untuk VT sih gampang Om, hampir semua mekanik yg bisa betulin kijang pasti bisa betulin VT.....karena mesinnya simpel....yang penting perawatan-nya rutin....seperti ganti dan cek oli mesin dan transmisi sesuai ketentuan, cek air radiator, cek tekanan angin ban, jaga kebersihan exterior dan interior....kerna mobil dah berumur rentan dimakan karat...itu aja Om
Tks

26 Juli 2009 22.37  
Blogger Mick mengatakan...

Mas Ian mau nanya nih VT keluaran terakhir itu tahun berapa ya mas?.. BTW ada yang lagi jual VT tahun terakhir gak ya?.. Thanks

16 September 2009 06.20  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal juga Om Mick...maaf baru balas...keluaran terakhir tahun 97...dan saya pernah baca di mazda-indonesia.com...ada informasi mazda vantrend new but old stock di dealer mazda klo gak salah di daerah slipi...atau disini http://www.fjbex.com/?act=src&key=mazda+vantrend selamat berburu Om

27 September 2009 17.30  
Blogger Neozoem mengatakan...

Mz mau tanya klo kita mau beli VT apa aja sih yang harus kita perhatikan...thx

27 Maret 2010 17.26  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal Pak Neozoem, saya coba jawab sepengetahuan saya ya Pak, mungkin ada yg kurang sesuai.
1. kelengkapan/keaslian surat, bisa cek ke Polda biaya sekitar 30-50 ribuan.
2.Acessories lihat di http://mazdavantrend.blogspot.com/2009/11/barang-langka-mazda-vantrend.html
3. Body rentan karat pada bagian pintu bawah, dek bawah, atap (dekat dudukan roofrack), roof rack dll.
4. Kaki-kaki (coba di jalan rata dan jalan berbatu...kluar bunyi2x yg tidak wajar?
5. gardan, saat dipacu kec tinggi getar/tidak.
5. Penyakit mesin biasanya overheat kalo macet (pakai AC), cek juga kondisi knalpot kluar asap? klo putih dan ujung knalpot basah oli(kemungkinan oli terbakar) ato klo hitam (kemungkinan campuran antara BBM dan udara tidak sesuai).
6. Klo thun 95 akhir keatas sudah dilengkapi power steering electric.

29 Maret 2010 20.30  
Blogger Mohamad Sidik mengatakan...

Nah yg beginian ini yg bikin saya betah internetan..
Mas Ian, saya baru aja tertarik akan memiliki VT 96/97 kebetulan ada yang akan melepas, la kok pas dg kocek saya, tapi susah banget saya mencari informasi kelemahan dan keunggulan VT. Bolehkah saya mendapat hal tsb dari mas Ian? Saya sangat awam di otomotif. Maturnuwun sanget...

Mohamad Sidik Pensiunan

31 Juli 2010 11.18  
Blogger Ian mengatakan...

Slamat sore Pak Sidik
Maaf baru di jawab,dan saya coba jawab sepanjang yang saya tahu ya Pak.
Untuk VT kekurangan biasanya pada:
- sebagian ada di link ini pak http://mazdavantrend.blogspot.com/2009/11/barang-langka-mazda-vantrend.html
- Kopel bergetar pada kecepatan tertentu kalau jointnya sudah oblag/tidak center, untuk penggantian harus melalui proses centering dan di las (tidak pengunci). atau diganti segelondong kopel milik MR.
- Ball joint juga harus di las untuk penggantian baru.Klo beli set lengkap harganya sekitar 800 ribuan, klo ball jointnya saja sekitar 70 ribuan.
- Over heat bila sistem pendingin tidak bekerja sempurna.
Kelebihan :
- Fast moving part masih relatif mudah didapat / bisa menggunakan merk lain spt mazda / timor harganya mumer
- Untuk th 95 akhir keatas sudah dilengkapi dengan electric Power steering.
- sudah dilengkapi central lock, power window.
- Konsumsi bensin rata2x kondisi mesin standart dan sehat 1:10 km/l dalkot, 1:12-13 km/l untuk luar kota, tergantung juga cara mengemudi.
- AC duiingin....
- Lari keunceng....
Demikian Pak Sidik, maaf kalau masih kurang membantu.

3 Agustus 2010 03.01  
Blogger GnR mengatakan...

Wah... Maz Ian..ini beramal dengan pengetahuannya, mau nanya juga nih, saya beli vantrend 96, kondisi ok, tapi kalo pagi mesin di hidupkan agak ngelitik bunyinya dan kalo sudah panas sih hilang, apanya ya yg ga bener, kemudian stir kemudi saya ke ringanan banget kalo lari di tol 80 km/j suka agak ga stabil, padahal terot semua udah ok... mohon pencerahannya ya

Nuhun
Dari Yangmau pensiun juga

9 Agustus 2010 20.28  
Blogger Ian mengatakan...

Salam Kenal Pak GnR....penggemar Guns and Roses ya Pak..he..he..saya coba jawab ya Pak, untuk ngelitik coba setting karburator dan stelan klep, sedang untuk power steering, sepanjang yang saya tahu Pak, untuk VT menganut sistem electronic power steering, yang pada saat kecepatan tertentu fungsinya bisa non aktif secara otomatis. Namun untuk memastikannya, coba cek komponen kaki2x lainnya,diantaranya shock absorber, karet2x`stabilizer, ban. Demikian Pak GnR, maaf kalau belum cukup membantu.

17 Agustus 2010 17.50  
Blogger SENTRA SHOP mengatakan...

Pak.. mazda vantrend thn'95 msh mulus, Km 15rb, blum modifikasi sm skali, msh orisinil smua; Saya kepinginnya vantrend jadi mobil mewah, itu ditambah accessories apa ya? yang gak terlalu berat lah pak..

18 November 2010 21.20  
Blogger Ian mengatakan...

@Sentra Shop...mewah yang seperti apa Om..he..he....soalnya ini masalah selera...ini klo saya pribadi ya Om...yang terpenting masih enak untuk dipakai harian dan asesories luar yang simple dan mobil selalu bersih...untuk warna merah/hitam/silver...sedang untuk velg ukuran minimal 16" dgn ban tipis...lengkapi system audio dengan video/tv di head rest. Kurang lebihnya seperti di gambar ini Om... http://myfirstcar.wordpress.com/category/cap-cip-cup/
tks

22 November 2010 19.56  
Blogger SENTRA SHOP mengatakan...

maksudnya mewah, ada kamera belakang, GPS, dll...hehehe
klo GPS yg bisa msk spt DVD/Tv ada ya? jd GPSnya gak perlu ditempel d kaca... maunya yg lengkap, DVD/TV/MP3/GPS/kamera mundur... itu semua dlm satu perangkat

27 November 2010 21.04  
Blogger Ian mengatakan...

Ada Om, saya pernah lihat di toko asesories di atrium senen lantai 5, double DIN, sdh lengkap semua DVD/TV/MP3/GPS. Namun mungkin pemasangannya harus modifikasi di dashboardnya, karena dudukan audio player vantrend model single DIN.

15 Desember 2010 02.20  
Blogger SENTRA SHOP mengatakan...

terima kasih banyak pak..
kalau modifikasi ala james bond, kira-kira parts apa yang perlu?

20 Desember 2010 23.34  
Blogger Printing Solutions mengatakan...

salam kenal mz Ian, saya juga baru punya Vt mas, tapi saya awam otomotif, saya pengen tanya radiator twin itu apa ya, beda sama extra van ya, makasih banyak ya mz...

15 April 2011 06.25  
Blogger Ian mengatakan...

Mungkin maksudnya radiator 2 ply kli ya Om printing...he..he..klo itu yang dimaksud (mudah2xan bener soalnya saya juga blom pernah liat) jalur airnya ada 2 om lihat link ini http://mazdavantrend.blogspot.com/2009/12/service-radiator-mazda-vantrend.html , pada gambar ke 4 ada bagian yg sedang di"rojok" dengan bilah besi, nah klo yg 2 ply lubang yg di "rojok" ada 2 baris (depan dan belakang). Sedang extra fan, sesuai namanya kipas ini adalah kipas tambahan (electric fan) dan biasanya dipasang di depan radiator untuk mobil dengan fan mekanis seperti standartnya vantrend. Demikian om mudah-2xan cukup menjelaskan.

12 Mei 2011 03.18  
Blogger mchilmy mengatakan...

saya cukup tertarik dengan VT sejak pertama muncul di Indonesia, sebuah mobil yang "keluarga" banget. akan tetapi beberapa hal yang membuat saya berpikir hingga sekarang, beberapa hal telah dikupas yaitu bodynya mudah berkarat, terus saya terimakasih karena mendapat masukan baru masalah power steering. ada beberapa hal lain yang ingin saya tanyakan: 1.benarkah onderdilnya susah dicari dan mahal? 2. overheat yang terjadi tersebut disebabkan apa dan bagaimana menanggulanginya? terima kasih atas jawabannya agar lebih memantabkan diri untuk memilih VT

4 Agustus 2011 03.15  
Blogger Eka Margostic mengatakan...

Dear Mas Ian,

Terima kasih banyak untuk artikelnya, sangat bermanfaat.
Saya baru aja membeli VT 96 sekitar 2 minggu yang lalu, dan PR yang sy dapati adalah :
1. Rem yang masih jeblos (blong) meski sudah ganti 1 set master rem atas & kanvas rem
2. Bensin yang boros meski sudah service karburator (sekitar 1:6 - 1:9)
3. Indikator accu yang masih menyala meski sudah ganti accu, tapi jika gas sudah jalan indikator mati sendiri (pernah satu malam pada saat jalanan macet semua electrical tiba2 melemah & mati, tapi indikator accu tidak menyala)
4. Sulitnya mencari Vacuum AC VT ini
Mohon pencerahannya ya mas ian, maklum masih pemakai baru.
Terima kasih banyak sebelumnya.

Best regards,
Eka Margostic

13 Agustus 2011 21.28  
Blogger Ian mengatakan...

@mchilmy, saya coba jawab ya pak
1.benarkah onderdilnya susah dicari dan mahal? untuk beberapa body part dan kaki2x part orisinalnya memang sulit didapat dan mahal harganya http://mazdavantrend.blogspot.com/2009/11/barang-langka-mazda-vantrend.html namun untuk fast moving part (filter2x, kampas rem, kampas kopling2) mudah didapat dengan harga yang bersahabat
2. overheat yang terjadi tersebut disebabkan apa dan bagaimana menanggulanginya? karena kondisi mesin dan system pendingin yang sudah berumur Pak. Solusinya memnag butuh trial dan error, tapi bisa dicoba dari langkah yg paling mudah dan murah:
1. Service radiator
2. Ganti puli waterpump yg ukurannya lebih kecil.
3. Ganti dgn radiator yg memliki 2 ply/2 jalur air
4. Ganti fan mesin dengan electric fan karimun.
Demikian yang saya ketahui, mudah2xan membantu
@Eka
Saya coba jawab ya Mas Eka
1. Rem yang masih jeblos (blong) meski sudah ganti 1 set master rem atas & kanvas rem. Master rem bawah sudah di cek sealnya Mas? Cek disk/tromol-nya apakah sudah terlalu dalam termakan kampas rem?
2. Bensin yang boros meski sudah service karburator (sekitar 1:6 - 1:9)Boros/tidak tergantung juga gaya mengemudi kita, namun kalo masih wajar coba cari alternatif bengkel khusus karburator.
3. Indikator accu yang masih menyala meski sudah ganti accu, tapi jika gas sudah jalan indikator mati sendiri (pernah satu malam pada saat jalanan macet semua electrical tiba2 melemah & mati, tapi indikator accu tidak menyala).Coba cek dynamo ampere-nya Mas.
4. Sulitnya mencari Vacuum AC VT ini. Ada bengkel AC rekomendasi teman2x mazda-indonesia.com lokasinya di jl raya ragunan, kalo dari arah tol TB simatupang sebelah kiri jalan, sebelum pertigaan mangga besar. Ahuat namanya.
Terima kasih dan maaf kalau belum cukup membantu.

15 Agustus 2011 22.30  
Blogger Koko mengatakan...

Pak Ian, baca artikel dan komennya jadi interes.
Ada info yang mau lepas VT ga? siapa tau cocok sama kantong.. :)) trimakasih.

trims
koko

5 September 2011 20.55  
Blogger adi mengatakan...

salam kenal mas ian, saya lagi cari vt n sdh lihat2 sih cm msh ragu untuk perawatan. trz kira2 mahal ga perawatan bulanan? maklum mas sy awam otomotif




Thanks & rgds
adi

16 November 2011 19.55  
Blogger Ian mengatakan...

Salam Kenal Om Adi, kalo untuk perawatan rutin hampir semua type mobil yang masih menggunakan teknologi sederhana (karburator, transmisi manual, belum banyak sensor2x elecktrikalnya) seperti VT kurang lebih sama, seperti rutin ganti oli mesin, oli gardan, busi, filter oli dan filter bensin dll. Untuk penggantian rutin tersebut kurang lebih 350 ribuan (part dan jasa). Biaya tersebut diluar penggantian slow moving part dan accesories yang mungkin karena faktor usia perlu dilakukan penggantian.Terima kasih

17 November 2011 18.55  
Blogger GnR mengatakan...

Maz... rindu nih sama artikel baru Mazda Vantrendnya... sayang ya udah di lepas... sekalian mau tanya mesin VT saya berbunyi "nguuunngg..." kalau sunda nya sih "ngahaung.." setiap di gas...mohon sharingnya ya maz..

5 Desember 2011 05.11  
Blogger Ian mengatakan...

Om GnR...mohon maaf klo dengung dari mesin saya belum pernah alamin, jadi saya blom bisa sharing disini, tpi kalo degung yang asal suaranya dan gejanya berasal dari bagian kopel/gardan saring-nya sudah pernah dibahas di http://mazdavantrend.blogspot.com/2009/12/ganti-joint-kopel-mazda-vantrend.html tks

13 Desember 2011 02.03  
Blogger luckman mengatakan...

Info donk..
Saya penguins baru vt..
Klo ganti boljoin yg bgs dmana?
Sama info bengkel yg dekat dr pancoran dmana?

14 Desember 2011 19.11  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal Om Luckman, biasanya bengkel kaki2x bisa melakukannya Om, coba tanya2x aja dulu, apakah pernah melakukan penggantian ball joint only untuk VT, mengingat untuk penggantian ball jointnya saja (tidak dgn lengan ball joint), pada vantrend memerlukan proses pengelasan (las titik). Untuk daerah Pancoran saya kurang paham om. Sedang untuk harga ball jointnya sekitar 75-90 ribu per pcs. ongkos pasang sekitar 50-100 ribuan.
Terima kasih

14 Desember 2011 21.12  
Blogger luckman mengatakan...

Trims infonya..
Klo untuk bengkel mesinnya Ada info??
Klo untuk kopelnya gmana?
Data denger Ada yg d ganti menggunakan futura atau inova..
Itu dapat di ganti d bengkel mana?
Tolong d add ym saya ya..

15 Desember 2011 04.51  

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda