Moving to http://53corner.blogspot.com/

ngo-prek nge-lencer nge-blog dari pengalaman pribadi

Rabu, 09 Desember 2009

Ganti Joint Kopel Mazda Vantrend

Berikut sharing pengalaman dari om dj_oko2009 pada 05 Oktober 2011(komentar lengkapnya bisa lihat dibawah), saya rangkum sebagai berikut :
Spesialis : Kopel VT dan Opel balzer
Lokasi bengkel : Pasar onderdil Tanah Abang lt II
Nama :Adul
No HP nya : 081310220121
Tips : AMAT SANGAT DISARANKAN para Vantrenders harap waspada kalau kesana, sebaiknya telpon dulu sama Sdr Adul ke no hp diatas, dan bikin janji kemudian kalau pas masuk di depan pertokoan itu jika membawa Vantrendnya, pasti banyak yang nawari.. Adul ya...? Adul ya...? jangan mau itu Adul palsu.... sebaiknya kalau sudah parkir langsung telepon Adul lagi, supaya anak buahnya yang jemput. Demikian sharing dari Om Djoko.

Penggantian joint kopel ini, setelah saya rasakan suara aneh dibawah dek (seperti bunyi besi beradu saat berputar), dan getaran yg tidak normal saat kecepatan mencapai 80 kmpj keatas, dengan memastikan terlebih dahulu kondisi ban dan laher2x serta kaki2x normal. Proses pembongkaran saya lakukan di bengkel, tpi proses penggantian cross joint di bengkel bubut referensi beberapa millist, berikut gambar yang berhasil saya dokumentasikan:
Bahan:
1. Cross joint merk GMB 1 set (th 2008) sekitar 75 ribuan.
2. Biaya pasang cross joint dan centering/balancing (bengkel bubut sarinande th 2008) sekitar 250 ribuan
3. Ongkos bongkar pasang kopel sekitar 50 ribuan...sepertinya sih bisa bongkar pasang sendiri, kalo saya perhatiin cuma butuh melepas 4 baut di bagian gardan belakang, setelah baut lepas turunkan kopel bagian belakang trus ditarik ke arah belakang.
ini contoh cross joint yang saya ambil dari http://img.diytrade.com/cdimg/754948/6283476/0/1214993790/Universal_joint.jpg kurang lebih bentuknya seperti ini ada 2 pcs untuk depan dan blakang

Ini bagian depan kopel yang menyambung ke bagian transmisi mesin, panah merah adalah cross jointnya, karena punya Vantrend tidak ada spi/ring pengganjal maka diperlukan pengelasan dan proses balancing agar putarannya center

Ini adalah bagian belakang yang menyambung dengan gardan belakang (lokasi baut), bagian ini pun diperlukan pengelasan cross joint.
Hasilnya saat kecepatan 80 kmpj keatas tidak bergetar lagi dan tidak ada bunyi dari bagian bawah dek.
Mudah2xan berguna

22 Komentar:

Blogger fadilah mengatakan...

mas ian sy pemilik mazda VT, ingin bertanya. mazda saya bila berjalan dengan kecepatan rendah timbul bunyi spt "gluduk-gluduk" dari bawah kolong mobil (klw cepat bunyi tidak timbul) apakah hal tersebut juga permasalahan di sekitar kopelnya. bilay iya tolong di referensikan bengkel mana yg bisa menangani hal tersebut secara tuntas. terima kasih atas bantuannya.

16 April 2010 19.53  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal Mas Fadilah, coba cek kondisi kopel dengan cara mengoyang2xkannya, kalau terasa "oblag" sekali kemungkinan memang joint kopelnya atau kondisi kopelnya sendiri sudah tidak center lagi/melengkung (namun ini sangat jarang terjadi), ini dibarengi dengan getaran yang berlebihan saat kecepatan tertentu. Namun gak ada salahnya juga periksa laher roda dan shockbreaker. Untuk bengkel pemasangan joint kopel dan proses balancing karena saya tinggal di selatan jakarta lebih dekat ke bengkel bubut Sarinande di jalan RS Fatmawati (dekat pasar mede)Tks

18 April 2010 19.50  
Blogger ASEP mengatakan...

MAs ian sy punya VT 94, masalah dgn hub wipernya, dimana bawaannya yg berbahan dasar PU susah saya cari di Bandung,yg lama rusak pas diganti dgn yg ada di toko onderdil bahan dasarnya plastik jadinya suka copot lagi. pertanyaanya, apa ada yg jual hub PU satuan atau harus beli dgn batangannya? kalau ada dimana saya kontak? mksh byk....

21 April 2010 05.59  
Blogger Ian mengatakan...

Kalo di jakarta coba ke UTAMA MOTOR (Pasar Cipete Blok D/7)021 - 7392371 / 0816700733
atau New Apollo Atrium Senen, Blok C1, telp 3847080 mudah2xan ada kang Asep.
Tks

21 April 2010 18.27  
Blogger dj_oko2009 mengatakan...

Mas Ian.. saya juga pernah dipusingkan dengan masalah kopel Vantrend, mau belu baru gak kuat sebab harganya lebih dari Rp 3 Juta, pernah aku cari di sebuah pasar onderdil bekas terkenal di Ibukota hasilnya malah dikerjain alias di palak sama mekaniknya, akhirnya aku bawa ke Pasar Onderdil daerah parung tapi hasilnya pada kecepatan 50 km/jam mobil terasa bergetar dan kalau ditambah kecepatan makin keras getarannya. Kemudian ada teman yang kasih tahu supaya dibawa ke ahli kopel khusus vantrend di kawasan Tanah Abang disana aku ditanya join kopelnya mau pakai setandar (MR) atau mau pakai Kijang...? dan aku putuskan aku mau pakai MR saja. Hasilnya cukup lumayan.... untuk kecepatan dibawah 80 km/jam handlingnya cukup nyaman sedang untuk kecapatan 90 - 110 km/jam getarannya terasa cukup mengganggu, tetapi kecepatan diatas 120 sampai mentok (140 km/jam) halus kembali. Tks

13 Juni 2010 09.36  
Blogger Ian mengatakan...

Terima kasih Pak djoko info solusinya, kalau ngak keberatan boleh di share alamat lengkap atau nomor telephone serta biayanya? mungkin teman2x pengguna vantrend ada yang membutuhkan.
Tks

13 Juni 2010 19.42  
Blogger IGe_nababan mengatakan...

om Ian, saya msh baru pake VT'95. getaran mobil saat kecepatan 80kmj sangat terasa banget. Apakah masalahnya di Joint Kopel?, klo untuk pergantian joint kopel di wilayah bekasi bengkel yang paling tepat dimana ya? mhn info ya om ian.. trims

30 Juni 2010 14.59  
Blogger IGe_nababan mengatakan...

om Ian, saya msh baru pake VT'95. getaran mobil saat kecepatan 80kmj sangat terasa banget. Apakah masalahnya di Joint Kopel?, klo untuk pergantian joint kopel di wilayah bekasi bengkel yang paling tepat dimana ya? mhn info ya om ian.. trims

30 Juni 2010 15.00  
Blogger Ian mengatakan...

Siang Om Nababan, maaf baru dijawab, coba konsultasi dengan Pak
Maro dari Rotary Motor (banyak direkomendasikan oleh teman2x di millist mazda-indonesia.com, alamatnya di Jl. Raya Jatimakmur 44
tlp 0818990894 / 70244566 / 8472877
Tks

1 Juli 2010 21.08  
Blogger dery mengatakan...

om knp ya mazda vt saya ngadat truz??? semua sudah saya ganti mulai dari joint kopel ,klaher ban ,sock,bal join knp ya ko masih berisik di bagian ban depan yg kiri dijln yg bagus tidak bunyi tp kl di jalan jelek berisik sekali jd tidak nyaman mengendarainya tng kasih ide donk om biar saya ga ngocek uang lebih buanyk lg trims....

8 November 2010 20.17  
Blogger MEANDER mengatakan...

MAS IAN.. SAYA KENALLIN SAYA MUSLIH DI BANDUNG MAU TANYA MAS? GINI SAYA BARU PUNYA VT 2 BULANAN SEBELUMNYA AKU PUNYA MR, ADA KELUHAN NIH BARANG KALI BISA BANTU ITU KALU BUNYI DENGUNG DI MESIN DARI APA YA POSISI MESIN NYALA KALU SAYA TENKEP KULINGNYA ITU SUARA ILANG APA NYA YA MAS MOHON BANTUANYA..THANKS...

21 November 2010 19.35  
Blogger Ian mengatakan...

@ Om Dery, brisiknya gimana Om? klo disertai gejala stir-nya terasa nge-"buang" atau lari2x mungkin masih ada bagian kaki2x yang perlu di cek lebih lanjut lagi, coba cari bengkel lain untuk 2nd opinion, tapi ada kemungkinan dari bagian body part, lampu yang kendur.
@Om meander, maksud bagian "kuling" itu yang mana ya Om?
Tks

22 November 2010 20.16  
Blogger tj_marcello mengatakan...

Permisi om, saya mau tanya bengkel untuk benerin joint kopel daerah pamulang ada ga yah... trims

4 Maret 2011 19.10  
Blogger Ian mengatakan...

Kalo pamulang kurang tau Om,coba aja di bengkel sarinande jl fatmawati.

15 Maret 2011 03.26  
Blogger Koko mengatakan...

Pak Ian, nimbrung juga soal kopel VT. VT saya di sekitar gardan dan ujung blok transmisi kok basah oli ya? apa gara2 kopel oblak jadi merembet ke sil2 gardan dan transmisi ya? trimakasih.

VanCOCO
grey but never die

4 Oktober 2011 21.12  
Blogger Ian mengatakan...

Pak Koko, mungkin juga kopel oblag menyumbang penyebab rusak-nya seal, selain memang kondisi seal yg sudah getas atau kondisi as gardan yang bergesekan dengan seal sudah aus karena faktor usia pakai.

4 Oktober 2011 23.48  
Blogger dj_oko2009 mengatakan...

Om Ian...menyoal tentang modifikasi kopel Mazda VT yang pernah saya sampaikan tempo hari (30 Juni 2010)... coba tolong di catat nama dan no. HP nya, mungkin para Vantrenders memerlukan, mengingat harga kopel orinya mahal banget.
Nama orangnya : Sdr Adul, no HP nya 081310220121, Alamat bengkelnya (maaf saya tidak tahu nama jalannya), pokoknya pusat onderdil mobil Tanah Abang (depan Pasar Tanah Abang agak ke kiri kurang lebih 50 meteran), adanya di lantai II, dia memang khusus menangani kopel Vantren dan Opel Blazer, banyak langganannya, tapi para Vantrenders harap waspada kalau kesana, sebaiknya telpon dulu sama Sdr Adul ke no hp diatas, dan bikin janji, kemudian kalau pas masuk di depan pertokoan itu jika membawa Vantrendnya, pasti banyak yang nawari.. Adul ya...? Adul ya...? jangan mau itu Adul palsu.... sebaiknya kalau sudah parkir langsung telepon Adul lagi, supaya anak buahnya yang jemput, dia adanya di lantai II. Tks smoga berguna bagi pecinta mobil Mazda Vantrend. Salam

5 Oktober 2011 08.17  
Blogger Ian mengatakan...

Makasih Om dj_oko2009 infonya...boleh dishare juga damage cost-nya om?

11 Oktober 2011 22.53  
Blogger flyer aizhar mengatakan...

om.. bisa rekomendasi alamat bengkel vantrend untuk daerah tangerang kota.

mohon di PM saja ke f_aizhar@yahoo.com

terima kasih
salam newbie

26 Juli 2012 23.50  
Blogger Ian mengatakan...

Om Aizar,
Maaf, saya kurang tau kalau daerah tangerang kota.
Terima kasih

23 September 2012 23.23  
Blogger Rahadyan Sumitro mengatakan...

Oom vt95 mau tya ttg onderdil vantrend daerah jogja yg lengkap dimana ya. Trim sebelumnya.

4 Februari 2014 07.02  
Blogger muhamad yusuf Yusuf mengatakan...

Ada yang tau bengkel powerstering untuk Vantrend Ga

11 Februari 2014 00.07  

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda