Moving to http://53corner.blogspot.com/

ngo-prek nge-lencer nge-blog dari pengalaman pribadi

Rabu, 25 Februari 2009

Ganti Water Pump Mazda Vantrend

Biasanya saya ngisi air reservoir setiap 2 minggu sekali....itupun tidak banyak hanya seperempat dari kapasitas tabung, namun akhir2x ini setiap habis pergi 1x PP (dalam kota) pasti berkurang banyak kurang dari setengah kapasitas tabung....wah something wrong with my VT. Pasti ada yg bocor tpi gak tau bagian mana, begitu ada kesempatan dan dana lgsung cek ke tukang radiator.....setelah saya ceritain kronologisnya dan dia cek secara seksama....maka diambil kesimpulan water pump-nya sudah minta ulang tahun....setelah yakin ane beli waterpump baru merk GMB seharga (klo ngak salah...) 175 rbu, sealent 10 rbu, plus ongkos pasang 50 rbu.
Berikut liputan pemasangannya...
Letak Waterpump
Na yang ini gambar lubang (biasanya posisinya dibawah bila dalam keadaan terpasang di mesin) yang merupakan indikator bila waterpump minta diganti.....karena sealnya sudah aus/bocor air radiator merebes melalui seal dan keluar melalui lubang ini, dan seal ini gak bisa di ganti jadi klo ganti harus sama dengan waterpumpnya gitu jelas si mekanik.

Waterpump baru bilah kipasnya lbih kecil namun dengan jumlah lebih banyak(7 pcs), sedangkan waterpump lama bilah kipasnya 6 pcs namun ukuran bilahnya lebih besar.
Hasil :
- Pengisian air di reservoir kembali normal (2 minggu sekali jumlah 1/4 isi tabung) dan temperatur lebih adem....(gak tau apa cuma sugesti ato emang kinerja waterpump baru lebih baik).
- Penyebab air radiator berkurang menurut si mekanik bisa dri radiator yg bocor, selang selang radiator dan waterpump, kebetulan yang saya alami adalah pada waterpump

29 Komentar:

Blogger Unknown mengatakan...

mo nanya...

reservoir air radiator yang om maksud itu yang deket reservoir air wiper yah om??yang ada tanda E dan F nya?punya sy jga cepet bangeet abis.
ngisi airnya pake air apa Om?

Sofyan
IMAC 0251

26 Februari 2009 pukul 23.06  
Blogger Ian mengatakan...

Om Sofyan,
Betul Om, yg ada tanda E dan F-nya. Saya isinya pake air dari AC rumah Om (murah meriah dan bisa ganti seminggu sekali, untuk menjaga kebersihan radiator). Cepet habisnya gimana Om (sekali perjalanan pulang pergi, ato seminggu sekali ato gman), klo pengalaman saya ya seperti yg saya tulis itu, berkurang banyak setelah dipakai jalan PP (kurang lebih 50 km-an)dengan kondisi jalan yg berfariasi.

27 Februari 2009 pukul 00.21  
Blogger Unknown mengatakan...

iya om...hanya dipake perjalanan yang ngga terlalu jauh dah abis. kmungkinan jga bisa bocor yah

27 Februari 2009 pukul 00.34  
Blogger Ian mengatakan...

wah klo itu sih ada yg bocor...mendingan ke tukang radiator aja biar lebih teliti ngeceknya, lebih cepat lebih baik...dari terlanjur parah

27 Februari 2009 pukul 01.33  
Blogger olis mengatakan...

Om,
Kalo VT saya dulu airnya berkurang terus karena seal blok mesin bocor,
gejalanya mesin jadi ngebul karena tercampur oli dan air, setelah buka setengah mesin ganti seal udah normal lagi.

Salam,

vantrend.multiply.com

30 Maret 2009 pukul 03.48  
Blogger Ian mengatakan...

Terima kasih Om Olis atas sharing pengalamannya....

30 Maret 2009 pukul 18.59  
Blogger Unknown mengatakan...

salam kenal smuanya ikutan ya sy punya vantred thn 95 temp nya kadang panas kadang normal knp ya?

25 April 2009 pukul 21.21  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal jga Om Billy, perhatiin dulu Om...klo pas temp-nya tinggi lgi macet ato ngak, pake AC ato ngak...banyak faktor penyebabnya sie Om....salah satunya radiator kotor/bocor shg sirkulasi air gak lancar....

27 April 2009 pukul 03.00  
Blogger Semut Hitam mengatakan...

maaf salam kenal saya boleh tanya bengkel VT di daerah X Malang bekasi dimananya soalnya VT ku gardannya sudah getar.... terima kasih

9 Mei 2009 pukul 01.38  
Blogger Ian mengatakan...

Lam Kenal juga Om Semut, klo daerah kali malang saya kurang paham Om, selama 3 tahun lebih saya pake VT para mekanik gak kesulitan kok Om (kebetulan saya gak punya bengkel/mekanik andalan, jadi kesimpulan saya mekanik yg bisa betulin kijang pasti bisa juga betulin VT. Sharing aja waktu saya ganti joint kopel gardan krena sudah oblag dan gardan getar pada kecepatan 80 kmpj, harga joint kopel sekitar 75 ribuan (merk GMB) sedang ongkernya di bengkel bubut sarinande 250 ribuan (lokasi di jl RS Fatmawati) karena sekalian dibalance ulang kopelnya. Tks mudah2xan sedikit membantu.

11 Mei 2009 pukul 07.44  
Blogger ADI mengatakan...

Hai Guys.. salam kenal..
Saya lagi nyari VT 95-97, prioritas warna merah /silver, faktur lengkap.. kalo temen2 ada yg mau jual kontak aja di 0251.9414928
thanks a lot...

26 September 2009 pukul 08.34  
Blogger ahmad maulana.info mengatakan...

Salam kenal Om, Saya Ahmad di Tangerang. Saya punya MR90 thn 92. Apakah masalah Waterpump pada VT sama dengan MR90? Punya saya kalo habis jalan jarak jauh bisa berkurang 1/2nya pada cadangan air radiator. Tapi kalo saya lihat ga ada yg netes sih om. Tq

25 November 2009 pukul 22.12  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal juga Pak Ahmad, saya coba jawab ya Pak Ahmad, memang banyak hal yg penyebab air radiator berkurang, salah satunya yang penah saya alami (waterpump bocor)selain itu ada kemungkinan lain misalnya dari radiator (bocor halus shg langsung menguap..tidak menetes), selang2x radiator dll. Klau memang sudah lama belum servis radiator, coba saja servis dulu Pak di bengkel langganan terdekat,kalo belum ada bengkel langganan coba tips saya, perhatikan bengkel mana yang ramai pelanggannya dekat rumah, memang perlu waktu dan survey terlebih dulu , namun paling tidak bengkel yang ramai punya 2 kriteria (menurut saya) ramai karena memang bagus hasil pekerjaannya atau murah...he...he...he..mudah2xan dapet yg bagus kerjaannya dan murah. Tks

28 November 2009 pukul 07.13  
Blogger ahmad maulana.info mengatakan...

Thanks Pa Ian, mudah mudahan kita bisa silaturahmi. No. telp saya 02133017202, 08179851515.

29 November 2009 pukul 22.37  
Blogger Tatang Taryana (boeyoung) mengatakan...

Salam Kenal,
kebetulan saya jga di depok,
bengkel radiator nya dimana Om?

boe

15 Maret 2011 pukul 01.08  
Blogger Unknown mengatakan...

Hai Mas Ian,salam kenal.....

Saya punya VT'96, dgn cuaca yg panas sekarang2 ini di JKT kalo dipakai jalan pagi-siang kerja sekitar 40-50km pake AC,temperatur sekitar 1/2 malah kadang sd 3/4,stlh saya liat dibotol reservoir kosong, dan dr selang yg keluar dr botol asap ngebul(air keluar belepetan sekitar botol), sy cek dr radiator ga ada yg bocor (sdh service n ganti waterpump GMB), jd kalo sy mau jln lagi hrs nambah air di reservoir. Tp kalo malam hr jalan, temperatur hanya 1/4 saja.
Mohon pencerahannya Mas, gejala apa niy VT sy n bagaimana solusinya..

Wass...
Bowo

15 Maret 2011 pukul 21.19  
Blogger Ian mengatakan...

Salam Kenal Om Bowo, dari yang pernah saya alami, berkurangnya air di reservoir disebabkan oleh air yang keluar dari sistem pendingin (kejadian pada VT saya adalah water pump yang bocor). Dan berikut sharing seperti yang om Bowo alami, berikut infonya :
http://www.modifikasi.com/archive/index.php/t-16961.html atau http://groups.yahoo.com/group/otomotif-l/message/109620
Maaf bila belum cukup membantu.
Tks

9 April 2011 pukul 08.27  
Blogger nafi mengatakan...

Salam kenal Om Ian...

Saya baru meminang vantrend 94 om.
Jadi masih awam mengenai vantrend, mau nanya2 sama suhu disini.

Kalo VT saya, air di tabung reservoir ga pernah berkurang om tapi di radiatornya setiap hari saya cek dan selalu nambah. Itu kira2 kenapa ya om.

Sekalian nanya, kalo temperatur mesin VT dalam kondisi full AC & cuaca panas berapa sih om ?. Apakah 1/4 atau 1/2 ?

Mohon pencerahannya.

27 November 2011 pukul 18.50  
Blogger Ian mengatakan...

Salam kenal juga Om Nafi,
Saya coba jawab ya Om, nambah air radiatornya banyak gak om? 1 liter lebih? kalo lumayan banyak nambahnya, dan itu setiap hari,kemungkinan ada kebocoran di saluran system pendinging (selang radiator, radiator, waterpump dll), baiknya om cek ke bengkel radiator langganan. Untuk kondisi mesin dan system pendingin yang masih normal temperatur mesin 1/4 om.
Terima kasih

29 November 2011 pukul 18.01  
Blogger nafi mengatakan...

Nambah airnya ga banyak om, paling sekitar 1/2 gelas.

Kalau temperatur normal adalah 1/4, berarti mobil saya sudah kepanasan ya soalnya temeraturnya 1/2. Sebaiknya cek radiator dulu ya Om.

1 Desember 2011 pukul 01.38  
Blogger Ian mengatakan...

Baik-nya gitu om....cek sekalian bersihin/service radiator dan sytem pendingin-nya sekalian, kisaran ongkos service sekitar 60-70 ribuan om.

1 Desember 2011 pukul 23.26  
Blogger nafi mengatakan...

Siip.... Radiator sudah di service.. kena ongkos 60 ribu & hasilnya... temperatur bermain di skala 1/4. Kalo macet.. naik dikit.
Terima kasih om Ian atas sharingnya.

Btw, biaya service berfariasi ya om. Sebelum service kan nanya2 dulu tuh, hasilnya : rentang harga service radiator antara 60 s/d 150 rb.

6 Desember 2011 pukul 22.52  
Blogger AdiVT94 mengatakan...

salam kenal om ian....
om sy pny vt thn 94 penykitnya sih sama,temperatur suka naik. boleh om refrensi bengkel radiator di depok. kebetulan ane tinggal di depok 1.

17 November 2012 pukul 23.55  
Blogger olis mengatakan...

@AdiVT94 : Kalau tidak ada kebocoran, coba pasang dobel electric fan om didepan evaporator AC, saya dulu pake dua electric fan, dan radiator standar aja, sembuh panasnya. :D

19 November 2012 pukul 22.49  
Blogger Unknown mengatakan...

salam kenal om ....kalo boleh tau berapa harga water pump mazdanya om

16 Maret 2013 pukul 05.32  
Blogger Unknown mengatakan...

Salam kenal.
Sata pake VT 94. Kalo pake AC dan macet selalu overheat. Sampe ke warna merah. Kipas sudah saya majuin 3cm. Kalo tanpa AC temperatur normal. Mohon petunjuk. Dan mohin referensi bengkel di dekat kebayiran- tanah kusir.

22 Februari 2016 pukul 04.07  
Blogger Unknown mengatakan...

Salam kenal.
Sata pake VT 94. Kalo pake AC dan macet selalu overheat. Sampe ke warna merah. Kipas sudah saya majuin 3cm. Kalo tanpa AC temperatur normal. Mohon petunjuk. Dan mohin referensi bengkel di dekat kebayiran- tanah kusir.

22 Februari 2016 pukul 04.08  
Blogger johan mengatakan...

Om tolong share ilmunya...VT saya juga air radiatorny cepat habis kadang sampe lbh setengah dan kering pada tangki cadangan...keliling bengkel pendapatnya beda2 ada yg bilang perpak deksel ad yg bilang radiator. Kira2 apa ya mslhny om.

17 Mei 2018 pukul 20.14  
Blogger Rizky Bunai Bogor Vantrend Community mengatakan...

Jangan lupa, termostat jangan dilepas ya. Saya pake Vt 94 Bogor-Sukabumi seminggu 2 kali keliling kota ga pernah OH. Padahal tiap kesana selalu kejebak macet. Terimakasih, semoga bisa menambah wawasan.

25 September 2018 pukul 10.27  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda