Moving to http://53corner.blogspot.com/

ngo-prek nge-lencer nge-blog dari pengalaman pribadi

Sabtu, 17 Januari 2009

Bongkar dek vantrend

3 tahun sudah VT ini menemani kami sekeluarga, alhamdulillah banyak senangnya drpada dukanya, awal yg meragukan akhir yg menyenangkan.......beberapa waktu lalu baca thread di millist mazda-indonesia.com masalah dek yang berkarat. Saya pikir gak ada ruginya ngecek dek-nya ni VT, berhubung usianya sudah cukup uzur dan bukan tangan pertama.... Berbekal nekat dan pengorbanan waktu, tenaga dan isi kantong tentunya...
Alat yg dibutuhin :
- Bor dan mata bor sikat kawat
- Vacum cleaner
- Ember dan kanebo
- Tool kit
Bahan :
- Plat 1 mm keatas (yang kaku)
- Plingkud 1 kaleng (28 rbu)
- 1 lembar Karpet busa (biasanya digunakan untuk penahan panas pada mesin) harga 55 rbu Waktu :
kurang lebih 1 bulan...(he..he..maklum ngerjainnya pas libur aja sekalian ngecek ada kebocoran lain gak setelah di las, kebetulan juga pas musim hujan) Dan berikut hasil liputannya..
1. Copot jok (kecuali sandaran jok baris kedua....susah soalnya....he...he..he..)

2. Copot karpet (wehhh...debunya.....minta ampun....)..klo mo repot ya cuci ato sedot debu karpet sendiri...tpi saya lebih memilih di laundry....lumayan ngirit tenaga cuma 27 ribu (lebih bersih dan wangi...)
3. Copot gasswool...naa....baru ketahuan nie banyak karat....waaalllahhh......

4. Bikin janji sama tukang las buat nganti dek...sebelum menyebar ke lain bagian. Ongkos dan bahan habis 200 rbu..kebetulan yg di ganti platnya cuma yg karatnya parah...sedang bagian lainnya masih sangat layak digunakan.
5. Bersihkan karat yang tersisa dengan bor bermata sikat kawat sampai bersih (mengkilap) Sebelum dibersihkan
Sesudah dibersihkan
6. Setelah kita yakin gak ada karat lagi, lalu oleskan plingkud dengan kuas pada bagian yang telah kita bersihkan tadi, lakukan berulang hingga tebal.
7. Ukur busa pelapis sesuai ukuran lalu rekatkan (busa ini sudah dilengkapi perekat pada salah satu sisinya)

8. Pasang kembali karpet dan Jok

Kesimpulan :
- Cuci steam (lifted/diangkat) secara berkala minimal seminggu sekali mengingat VT ini sudah cukup uzur.
- Jangan tertipu dengan tampilan bawah dek yang mulus, karena ternyata karat menyerang dari bagian atas dek (ini yang terjadi pada VT saya).
- Setelah pengelasan jangan langsung pasang karpet etc, namun coba cuci steam bagian bawah dek, pastikan tidak ada kebooran/rembesan air.
- Gaswool (pekiraan saya) adalah bahan daya serapnya tinggi dan tidak cepat kering sehingga dek menjadi lembab dan menyebabkan karat.
- Ganti gaswool dengan bahan yang tidak mudah menyerap air namun cukup tebal, cepat kering bila kena air. Yang bagus memang karpet yg kalau dipasang harus dipanaskan dahulu (saya ndak tau namanya) harganya sekitar 55 ribu ukuran 60x60 cm.
- Jaga kebersihan karpet, segera keringkan bila basah/lembab.
- Sekali-sekali VT perlu dijemur di panas matahari terik dengan posisi semua pintu terbuka, untuk mengurangi kelembaban karpet.
Selamat mencoba