Moving to http://53corner.blogspot.com/

ngo-prek nge-lencer nge-blog dari pengalaman pribadi

Rabu, 09 Desember 2009

Service Radiator Mazda Vantrend

Salah satu penyebab overheat pada mazda vantrend adalah radiator yang kotor/berkerak , gak ada salahnya menyisihkan tisu sekitar 60 ribu saja (th 2008) buat ngebersihin, pastikan bengkel radiator kepercayaan anda lebih dulu, berikut dokumentasi buat yang belum pernah service radiator (khusus-nya radiator Mazda vantrend yg bagian kepalanya terbuat dari tembaga) biar kebayang kayak apa sih porsesnya.
Setelah radiator dilepas dari dudukannya :
Kepala radiator dipanaskan untuk melelehkan timah
Setelah timah lepas maka kepala radiator dapat dilepas dari kisi-kisi radiator, lalu kisi2x radiator dimasukan kedalam bak berisi air sambil di "rojok-rojok" bagian kisi-kisinya menggunakan plat tipis, dibagian inilah yang rentan tersumbat kotoran/karat sehingga sirkulasi air radiator tidak lancar. Setelah dipastikan bersih dan air mengalir lancar dari atas kebawah melalui kisi2x ini maka proses selanjutnya memasang kepala radiator (atas dan bawah) dengan proses yg sama seperti saat melepas tadi. Setelah terpasang kepala radiator-nya, biasanya mekanik akan mencek kembali apakah ada kebocoran dari hasil sambungan kepala radiator dan kisi2xnya dengan cara memasukannya kedalam bak air, bila masih terdapat gelembung udara keluar saat seluruh badan radiator dicelupkan kedalam air, berarti masih ada kebocoran. Setelah dipastikan tidak ada kebocoran lagi dari hasil pekerjaan tadi maka radiator dapat dipasang kembali.Pekarjaan tambahan bila yang diperlukan
1. Lakukan cat ulang kepala bagian atas dan bawah radiator, karena setelah proses pemanasan cat2x akan terkelupas, minta untuk dicat ulang agar terlihat rapi dna bersih.
2. Pelurusan bagian kisi2x yang tidak lurus.
Pastikan saat radiator sudah terpasang di tempatnya lakukan pengecekan ulang apakah ada kebocoran baik dari radiator maupun selang2x serta sambungnya.
Mudah2xan berguna

Ganti Joint Kopel Mazda Vantrend

Berikut sharing pengalaman dari om dj_oko2009 pada 05 Oktober 2011(komentar lengkapnya bisa lihat dibawah), saya rangkum sebagai berikut :
Spesialis : Kopel VT dan Opel balzer
Lokasi bengkel : Pasar onderdil Tanah Abang lt II
Nama :Adul
No HP nya : 081310220121
Tips : AMAT SANGAT DISARANKAN para Vantrenders harap waspada kalau kesana, sebaiknya telpon dulu sama Sdr Adul ke no hp diatas, dan bikin janji kemudian kalau pas masuk di depan pertokoan itu jika membawa Vantrendnya, pasti banyak yang nawari.. Adul ya...? Adul ya...? jangan mau itu Adul palsu.... sebaiknya kalau sudah parkir langsung telepon Adul lagi, supaya anak buahnya yang jemput. Demikian sharing dari Om Djoko.

Penggantian joint kopel ini, setelah saya rasakan suara aneh dibawah dek (seperti bunyi besi beradu saat berputar), dan getaran yg tidak normal saat kecepatan mencapai 80 kmpj keatas, dengan memastikan terlebih dahulu kondisi ban dan laher2x serta kaki2x normal. Proses pembongkaran saya lakukan di bengkel, tpi proses penggantian cross joint di bengkel bubut referensi beberapa millist, berikut gambar yang berhasil saya dokumentasikan:
Bahan:
1. Cross joint merk GMB 1 set (th 2008) sekitar 75 ribuan.
2. Biaya pasang cross joint dan centering/balancing (bengkel bubut sarinande th 2008) sekitar 250 ribuan
3. Ongkos bongkar pasang kopel sekitar 50 ribuan...sepertinya sih bisa bongkar pasang sendiri, kalo saya perhatiin cuma butuh melepas 4 baut di bagian gardan belakang, setelah baut lepas turunkan kopel bagian belakang trus ditarik ke arah belakang.
ini contoh cross joint yang saya ambil dari http://img.diytrade.com/cdimg/754948/6283476/0/1214993790/Universal_joint.jpg kurang lebih bentuknya seperti ini ada 2 pcs untuk depan dan blakang

Ini bagian depan kopel yang menyambung ke bagian transmisi mesin, panah merah adalah cross jointnya, karena punya Vantrend tidak ada spi/ring pengganjal maka diperlukan pengelasan dan proses balancing agar putarannya center

Ini adalah bagian belakang yang menyambung dengan gardan belakang (lokasi baut), bagian ini pun diperlukan pengelasan cross joint.
Hasilnya saat kecepatan 80 kmpj keatas tidak bergetar lagi dan tidak ada bunyi dari bagian bawah dek.
Mudah2xan berguna